PANTAI ASI WALO

Jika mencari pantai berpasir putih dengan air laut yang tenang dan dekat dari pusat kota Gunungsitoli, maka Pantai Asi Walo-lah jawabannya.

Jika mencari pantai berpasir putih dengan air laut yang tenang dan dekat dari pusat kota Gunungsitoli, maka Pantai Asi Walo-lah jawabannya. Pantai yang dulunya dikenal dengan nama pantai Teluk Bengkuang ini, terletak di desa Teluk Bengkuang kecamatan Sawo, Nias Utara. Hanya dibutuhkan waktu 1 jam berkendara dengan jarak tempuh sejauh 42 km dari pusat kota Gunungsitoli. Jadi bagi yang memiliki waktu kunjungan yang singkat ke Pulau Nias, pantai Asi Walo ini bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi.

Dulunya di sebut sebagai Teluk Bengkuang karena pasir pantainya berwarna putih bak bengkuang dan juga membentuk teluk sehingga air lautnya tenang dan aman untuk berenang dan snorkeling karena di pantai ini juga bisa ditemukan terumbu karang yang sempat hancur akibat gempa tahun 2005 lalu, namun belakangan ini sudah mulai tumbuh lagi dan juga bisa dijumpai ikan – ikan karang beragam warna dan ukuran.


Pantai ini selalu ramai dikunjungi pada hari Minggu atau hari libur karena jaraknya yang relatif dekat dari pusat kota. Juga tersedia rumah makan yang menyediakan ikan bakar yang masih segar.

Dulu sebelum akses jalan bagus ke daerah Utara Nias, Pantai Asi Walo digunakan sebagai pelabuhan bagi kapal penumpang kecil yang menghubungkan Nias Utara dan Gunungsitoli. Selain sebagai tempat rekreasi, pantai Asi Walo juga digunakan sebagai tempat menambatkan perahu – perahu nelayan sekitar karena lokasinya yang aman dan tidak berombak.