PULAU ASU

Dijuluki 'Surga' oleh penduduk setempat, pulau kecil dan alami di lepas pantai barat ini menggoda semua yang datang dengan ombaknya yang besar, pasir putih, makanan laut yang lezat, dan suasana santai.

Pulau Asu seringkali dijuluki sebagai The Paradise in Nias Island karena pulau yang luasnya hanya ± 18 Km persegi ini memiliki pesona yang sangat indah yang mampu membuat orang yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan ingin tinggal lebih lama.

Pulau Asu terletak di sisi barat daratan Pulau Nias dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki gulungan ombak yang bagus untuk surfing di sisi baratnya dan pantai berpasir putih nan lembut dengan air laut yang jernih bak kristal yang kelihatan seperti warna biru tosca dari kejauhan. Keindahan terumbu karang dan ikan warna warni dengan ragam ukurannya menjadi salah satu daya tarik bagi para pencinta snorkeling dan freediving. Terdapat beberapa spot yang menyajikan pemandangan indah terumbu karang yang bisa diekslore di Pulau ini.

Selain pesona pantai dan bawah lautnya, Pulau Asu juga menyajikan keindahan sunrise dan sunset yang bisa sekaligus dinikmati di pulau yang indah ini. Hanya butuh 30 menit berjalan kaki dari sisi timur ke sisi barat Pulaunya.

Terdapat 1 resort (Puri Asu Resort), 2 surf camp (Asu Camp dan Sozinho Surf Lodge) , dan 1 cottage (Ina Silvy Cottage) yang bisa memanjakan para pengunjung untuk berwisata Pulau Asu.

Pulau Asu ini merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Hinako di Nias Barat ini dapat dijangkau selama 2 jam 45 menit (2 jam berkendara dari Gunungsitoli ke Sirombu dan 45 menit naik speed boat dari Sirombu ke Pulau Aus. Terdapat total 8 pulau di Kepulauan Hinako ini. Ketujuh pulau lainnya (Hinako, Langu, Bogi, Hamutala, Simana, Bawa dan Heruanga) memiliki pesona tersendiri dan bisa menjadi destinasi tambahan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Asu.