BITAHA

Situs megalitik yang berada di desa Olayama Kecamatan Huruna, Nias Selatan ini terkenal unik dengan kumpulan dolmen dan menhir yang disusun di sebuah lokasi dengan latar belakang rumah adat Nias berkolong bentuk oval khas Nias Bagian Utara.

Situs Megalitik Bitaha merupakan situs megalitik yang terdekat hanya berjarak ± 55 Km dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Gunungsitoli melewati jalur Nias Tengah. Situs megalitik yang berada di desa Olayama Kecamatan Huruna, Nias Selatan ini terkenal unik dengan kumpulan dolmen dan menhir yang disusun di sebuah lokasi dengan latar belakang rumah adat Nias berkolong bentuk oval khas Nias Bagian Utara.

Menhir yang terdapat di situs megalitik ini disebut sebagai Awina, Sahuwa dan Behu. Yang paling menonjol adalah menhir Behu yang berdiri. Ada yang dipahat dan ada pula yang tidak. Behu yang dipahat hanya membentuk wajah dan genitalia laki-laki dan ada pula yang dipahat lengkap dalam bentuk manusia yang jongkok.


Situs megalitik ini sudah didirikan sejak 10 generasi yang lalu oleh leluhur marga Halawa, salah satu marga yang ada di Pulau Nias.