MEGALITHIC SITES

Leluhur masyarakat Nias dulunya dikenal sebagai penganut kepercayaan Animisme dan Dinamisme. Salah satunya adalah kepercayaan terhadap arwah dan patung leluhur. Hingga kini peninggalan kepercayaan leluhur masyarakat Nias tersebut dapat ditemukan dibeberapa situs megalitik.

TUNDRUMBAHO

Situs Megalitik Tundrumbaho ini berada tidak jauh dari situs megalitik Lahusa Satua. Berada di puncak bukit dengan kumpulan menhir dan dolmen.

BITAHA

Situs megalitik yang berada di desa Olayama Kecamatan Huruna, Nias Selatan ini terkenal unik dengan kumpulan dolmen dan menhir yang disusun di sebuah lokasi dengan latar belakang rumah adat Nias berkolong bentuk oval khas Nias Bagian Utara.

Tumori

LAHUSA SATUA

Situs Megalitik Lahusa Satua ini merupakan kawasan perkampungan tradisional di masa lampau yang masih terjaga hingga kini. Situs Lahusa Satua ini memiliki menhir yang ukurannya lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan dengan situs megalitik Tetegewo dan Tundrumbaho.

Bawomontaluo

TETEGEWO

Situs Megalitik Tetegewo adalah situs megalitik yang terbesar dan paling mudah dijangkau yang terletak di Nias Selatan. Situs ini terletak di desa Hilisa’oto, Kecamatan Sidua’ori, Nias Selatan.