AIR TERJUN MONDROWE

Air Terjun Mondrowe memiliki ketinggian sekitar 18 meter dan danau yang sejuk di bawah air terjun, Mondrowe adalah yang tertinggi dan paling indah dari banyak air terjun Nias.

Pulau Nias menawarkan banyak pilihan tempat wisata yang beragam. Mungkin selama ini banyak yang sudah mengenal atraksi lompat batu di Bawomataluo, ombak surfing di Sorake atau keindahan Pantai Tureloto, sekarang Go Nias Tour akan mengajak anda untuk menikmati pesona wisata alam Air Terjun Mondrowe yang terletak di Desa Mondrowe, Kecamatan Sidua Ori Kabupaten Nias Selatan.

Air Terjun Mondrowe ini memiliki ketinggian kurang lebih 18 meter, dengan debit air yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang. Apalagi terdapat beberapa telaga alami di bawahnya dengan air yang jernih berwarna kehijauan yang dapat dipakai untuk berenang atau hanya sekedar bermain air.

Apalagi banyak spot yang bagus untuk berfoto (alias instagrammable) di kawasan air terjun Mondrowe ini sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para anak-anak muda ataupun fotografer yang ingin mendapatkan hasil foto yang bagus.

Akses ke lokasi air terjunnya juga sangat mudah, hanya butuh waktu 2 jam berkendara dari Kota Gunungsitoli atau 1,5 jam dari Teluk Dalam. Hanya saja dari tempat parkir kendaraan perlu melewati tangga semen setinggi 10 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat untuk menjangkau air terjun ini. Pemerintah desa setempat juga sudah membuat papan informasi di simpang menuju lokasi air terjun sehingga gampang dikenali.

Para pengunjung bisa membeli jajanan atau gorengan di warung-warung yang ada di sekitar air terjun yang dijajakan oleh warga sekitar. Tapi jangan lupa untuk “Buang sampah pada tempatnya ya” biar kawasan air terjun ini tetap bersih dan alami.


Bagi yang mau melanjutkan perjalanan, tempat wisata terdekat dari Air Terjun Mondrowe adalah Situs Megalitik Tetegewo yang berjarak sekitar 6 Km. Di sini anda dapat menikmati batu-batu megalitik yang sudah berusia ratusan tahun peninggalan leluhur orang Nias di masa lalu.