TETEGEWO

Situs Megalitik Tetegewo adalah situs megalitik yang terbesar dan paling mudah dijangkau yang terletak di Nias Selatan. Situs ini terletak di desa Hilisa’oto, Kecamatan Sidua’ori, Nias Selatan.

Situs Megalitik Tetegewo adalah situs megalitik terbesar dan paling mudah diakses yang terletak di Nias Selatan. Situs ini terletak di desa Hilisa'oto, Kabupaten Sidua'ori, Nias Selatan. Dapat dicapai dengan jarak 90 Km selama ± 2,5 jam dari Gunungsitoli atau 1,5 jam perjalanan dari Pusat Kota Teluk Dalam.

Situs megalitik Tetegewo membentang dengan ukuran 100 x 15 meter dan terletak di puncak bukit dan memiliki sekitar 100 batu megalitik dengan berbagai bentuk dan ukuran. Situs Tetegewo, yang berusia ratusan tahun, dulunya adalah kediaman raja dan tempat Orahu (tempat berkumpul untuk pertemuan, pesta, dan pengadilan). Lumba-lumba dan menhir di situs ini adalah batuan yang batunya berasal dari sungai Gomo yang berjarak ± 2 km dari lokasi dan diangkut oleh tenaga manusia. Salah satu dolmen unik bernama Gowe Nilare dalam bentuk lusinan batu berbentuk meja bundar yang digunakan sebagai tempat menari untuk anak perempuan bangsawan. Gowe Nilare memiliki suara seperti gong saat dipukul dan setiap batu memiliki suara yang berbeda.

Lokasinya di atas bukit dan menghadap ke sisi barat sangat baik bagi pecinta fotografi untuk berburu matahari terbenam. Situs wisata yang berdekatan dengan situs megalitik Tetegewo adalah air terjun Mondrowe, Air Terjun Helaowo, Situs Megalitik Tundrumbaho, Situs Megalitik Lahusa Satua dan Boronadu.