PULAU WUNGA

Pulau Wunga merupakan pulau terluar dan terdepan di Indonesia yang berada di sisi Barat Laut Pulau Nias yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Nias Utara.

Pulau Wunga adalah pulau terluar dan terluar di Indonesia yang berada di sisi Barat Laut Pulau Nias yang termasuk dalam Kabupaten Nias Utara. Di pulau ini dapat ditemukan laguna berukuran 1,5 x 3 Km yang terbentuk akibat gempa 2005. Awalnya ada selat yang memisahkan kedua pulau, tetapi karena naiknya daratan di bagian utara Nias, pulau itu menyatu dan berbentuk seperti G terbalik jika dilihat dari Google Folder.

Meskipun berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, namun laguna di dalam pulau ini sangat tenang, sehingga aman untuk berenang. Ada juga terumbu karang yang memiliki ikan berwarna-warni dengan berbagai ukuran dan jenis, dan pantai berpasir putih seperti marmer, membentang di sekitar laguna.

Pulau ini dapat dicapai dalam 4 jam perjalanan (2,5 jam perjalanan dari Gunungsitoli ke Afulu, dan naik perahu nelayan dari Afulu ke Pulau Wunga selama 1,5 jam).